Selasa, 17 Desember 2013

Wanita di UMKM Indonesia





Wanita hakikatnya adalah sosok manusia yang lembut, penyayang dan anggun. Tapi, seiringnya globalisasi yang semakin global, dan emansipasi wanita yang sangat tinggi. Wanita menjelma menjadi sosok yang berani berjuang melawan kelemahan yang melekat rapi di kodratnya.

Dalam pembahasan kali ini saya akan membahas tentang terjun langsungnya wanita dalam usaha kecil, menengah atau bahkan usaha besar. Tak bisa dipungkiri, kiprah wanita dalam dunia usaha semakin besar, dapat kita lihat dengan adanya banyak usaha-usaha kecil bahkan menengah yang ditangani, diketuai langsung oleh perempuan. Kiprah wanita yang belakangan ini mulai eksis di dunia usaha, bisa dibuktikan dari data Kementerian Koperasi dan UKM Republik Indonesia yang pada tahun 2010 silam mengungkapkan bahwa 60% UKM di negara kita dikelola oleh kaum hawa.
Dari data tersebut, tentunya bisa kita lihat bila di zaman serba modern seperti sekarang ini kalangan wanita tak kalah bersaing dengan para pria. Banyaknya bakat alami yang dimiliki para wanita dan kesadaran mereka untuk membantu meningkatkan perekonomian keluarganya, menjadi salah satu faktor mengapa wanita Indonesia cocok untuk menekuni bidang wirausaha.
Mari kita simak bersama 5 rahasia wanita mengapa cocok berwirausaha bila dibandingkan dengan para pria.
1. Terbiasa multitasking
Satu kelebihan wanita yang tak dimiliki kaum pria adalah kemampuannya untuk bisa mengerjakan beberapa pekerjaan sekaligus dalam satu waktu atau biasa dikenal dengan istilah multitasking. Kebiasaan mereka sebagai ibu rumah tangga yang mampu menangani semua urusan keluarganya dalam waktu yang hampir bersamaan, ternyata memudahkan pengusaha wanita untuk bisa menjalankan fungsi bisnisnya dengan optimal. Mulai dari menghandel masalah produksi, pemasaran, sampai manajemen SDM, bisa ditangani dengan baik oleh pengusaha wanita untuk membesarkan peluang bisnisnya.
2. Kreatif dan teliti dalam segala hal
Sudah menjadi rahasia umum bila wanita lebih kreatif dan telaten bila dibandingkan dengan kaum pria. Karakteristik inilah yang membuat mereka lebih jeli dan teliti dalam melihat peluang usaha. Detail-detail kecil dalam berbisnis seperti misalnya urusan packaging, labeling, atau penentuan harga promo, sangat dipikirkan olehpengusaha wanita sehingga tak jarang membuat produknya memiliki daya jual yang cukup tinggi di pasarang.
Meski terkadang pandangan pria dan wanita mengenai usaha sering bersebrangan, namun justru hal-hal kecil yang dianggap sepele oleh kaum pria bisa mendatangkan kesuksesan bagi pengusaha wanita.
3. Jago dalam membangun networking
Bila dibandingkan dengan kaum pria, wanita lebih mudah bergaul dan membangun jaringan pemasaran. Kebiasaan wanita yang lebih suka berkumpul, bersosialisasi, dan menjalin komunikasi dengan berbagai kalangan, menjadi salah satu rahasia sukses mengapa mereka cocok untuk berwirausaha. Sebab, kemampuan wanita dalam membangun networking cukup  memudahkan mereka untuk membesarkan bidang usaha yang sedang dirintisnya.
Hal ini bisa kita amati dari banyaknya forum atau komunitas yang diikuti dan dibentuk oleh kalangan wanita. Apalagi di zaman serba internet seperti sekarang ini, banyak komunitas wanita yang mulai aktif bersosialisasi di dunia maya dan akhirnya menciptakan peluang usaha.  Bahkan sebuah penelitian di Amerika Serikat menunjukkan bahwa pada tahun 2000-an, enam dari 10 pengguna website adalah kaum hawa. Tidak heran bila sekarang ini toko online menjadi salah satu alternatif bisnis wanita yang cukup menguntungkan.
4. Terlatih sebagai pengambil keputusan
Sebagai ibu rumah tangga, tentunya Anda telah terlatih untuk mengambil segala keputusan yang berhubungan dengan keluarga. Bahkan segala perabotan dan keperluan rumah tangga, hingga kemeja suami dan baju untuk anak, juga dibeli berdasarkan keputusan Anda. Dari kebiasaan tersebut, disadari atau tidak bahwa wanita merupakan pengambil keputusan untuk hampir setiap keputusan.
5. Tidak mudah putus asa
Kendati secara fisik wanita terbilang kalah tangguh dibandingkan para pria, namun dalam berbisnis wanita dinilai lebih kuat dan tidak mudah putus asa ketika mengalami kendala usaha. Ketika menghadapi sebuah kegagalan, pengusaha wanita memiliki daya juang yang lebih tinggi dan terbilang lebih sabar untuk memulai segala sesuatunya dari bawah.
Jadi, jangan pernah pandang sebelah mata para pengusaha wanita. Karena dari tangan mereka lahir perusahaan-perusahaan besar yang sekarang ini turut meramaikan persaingan pasar di dunia usaha. Maju terus UKM Indonesia dan salam sukses!

            Mengingat 60% UKM di Indonesia adalah wanita, maka pemerintah Indonesia sangat mendukung terus para pengusaha wanita yang ingin mengembangkan usahanya "Pemerintah terus mendorong perkembangan wirausaha yang dikelola kaum perempuan, karena mempunyai nilai strategis dan mampu meningkatkan
kesejahteraan masyarakat, memperluas lapangan pekerjaan baru serta menopang perekonomian negara," kata Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Muhaimin Iskandar usai membuka acara Gerakan Penanggulangan Pengangguran (GPP) Nasional Tahun 2013 dan Pencanangan Gerakan Perempuan Mandiri di Negeri Sendiri di The Sun Hotel, Sidoarjo, Jawa Timur pada Sabtu (30/11).
            Acara GPP 2013 dengan tema 'Perempuan Mandiri di Negeri Sendiri', juga diisi berbagai kegiatan seperti Launching dan pelantikan Pengurus Pusat Asosiasi Pemandu Wirausaha Indonesia (APWI) dan Pemberian Bantuan Program kepada lembaga masyarakat (yang menyelenggarakan pelatihan padat karya, produktif, tepat guna).

Selain itu, juga digelar pameran Expo yang diisi 70 stand dan diikuti 565 pelaku usaha kecil menengah, pengrajin serta perintis ekonomi, yang pelaku utamanya perempuan binaan Kemenakertrans, organisasi masyarakat dan sektor terkait. Juga digelar Seminar wirausaha yang diikuti 100 peserta dari perguruan tinggi, praktisi, instansi terkait dan ormas. Terkait dukungan bagi pengembangan sektor kewirausahaan bagi kaum perempuan yang mencapai sekitar 60% sebagai pelaku UKM adalah perempuan. Kemenakertrans mengerahkan 3.132 orang instruktur yang bekerja di balai latihan kerja (BLK). Mereka bertugas mendidik dan mendampingi para calon wirausaha mandiri dari berbagai daerah di Indonesia.

"Kita menargetkan keberhasilan penciptaan wirausaha sukses sebanyak 10.000 orang yang bergerak di berbagai bidang usaha dalam setiap tahunnya," katanya.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar